NAMA : YUNI ANITA
Sebelum menilai apakah suatu bisnis dikatakan beretika atau
tidak, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu etika bisnis dan
bagaimana suatu bisnis dapat dikatakan beretika atau tidak. Etika bisnis adalah
standar-standar nilai yang menjadi pedoman atau acuan manajer dan segenap karyawan
dalam pengambilan keputusan dan mengoperasikan bisnis yang etika.
Bisnis yang beretika memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Tidak merugikan orang lain atau pebisnis lain
2. Tidak menyalahi aturan-aturan
3. Tidak melanggar hukum
4. Tidak menciptakan suasana keruh pada saingan bisnis
5. Ada izin usaha yang jelas dan juga sah secara aturan dan
hukum
Contoh suatu bisnis yang tidak beretika
Seiring dengan semakin ketatnya persaingan dalam bisnis,
banyak pebisnis/perusahaan yang melakukan berbagai cara demi menarik konsumen
sebanyak-banyaknya yg nantinya akan berorientasi pada profit perusahaan. Demi
mendapatkan konsumen atau memperoleh laba sebanyak-sebanyaknya, banyak
perusahaan yang tidak lagi memperhatikan etika.
sebagai contoh perusahaan yang bergerak di bidang
telekomunikasi atau penyedia layanan telekomunikasi, dalam hal promosi, para
operator seluler ini seringkali memasang iklan yang saling menyindir
pesaingnya.
misalnya provider XL dan Telkomsel yang saling menyindir
satu sama lain secara terang terangan baik di media televisi maupun iklan
spanduk atau banner dijalan .
iklan XL dan telkomsel
Bukan hanya itu menurut saya para operator seluler pun
seringkali mendapat keluhan konsumen yang merasa jengkel karena pulsa mereka
yang tiba-tiba berkurang karena mendapat sms dari nomor-nomor tertentu meskipun
konsumen tidak melakukan registrasi program apapun. Para operator pun sering
melakukan promosi lewat sms atau telepon langsung kepada konsumen, hal tersebut
tentu saja dapat membuat konsumen merasa terganggu apalagi jika promo lewat sms
atau telepon tersebut dilakukan pada
jam-jam yang tidak tepat atau bahkan tengah malam.
Dalam hal tarif pun provider seringkali membuat konsumen
bingung dengan adanya syarat dan ketentuan yang berlaku. Para provider ini
dapat dikatakan merugikan konsumen dan juga dengan adanya iklan yang saling
menyindir ini dapat tercipta suasana keruh pada persaingan bisnis.
demikian sekilas analisa dari saya semoga dapat bermnfaat
amin .
sumber :
http://twietwe.blogspot.com/2011/09/bisnis-yang-tidak-beretika.html
http://dirikugo.blogspot.com/2012/10/bisnis-yang-tidak-beretika.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar